follo-us-aku
Hukum - Hukum Islam
Hukum Islam atau biasa disebut hukum Syara' terbagi menjadi 5 yaitu :
1. Wajib (Fardhu), yaitu suatu perkara yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan jika di tingkalkan mendapat dosa. Wajib terbagi menjadi 2 bagian :
  • Wajib 'Ain, yaitu yang mesti dikerjakan oleh setiao orang yang makallaf sendiri, seperti shalat lima waktu, puasa, dsb.
  • Wajib Kifayah, yaitu suatu kewajiban yang telah dianggap cukup apabila telah dikerjakan oleh sebagian dari orang mukallaf. Dan berdosalah seluruhnya jika tidak seorangpun dari mereka mengerjakannya, seperti menyalatkan mayit dan menguburkannya. 
 2. Sunah, yaitu suatu perkara yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa. Sunah dibagi menjadi 2 bagian :
  • Sunah Mu'akkad, yaitu sunah yang sangat dianjurkan mengerjakannya seperti shalat tarawih, shalat hari raya fitri dan adha, dan sebagainya.
  • Sunah Ghairu Mu'akkad, yaitu sunah biasa yang tidak terlalu di anjurkan untuk dilakukan. 
3. Haram, yaitu suatu perkara yang apabila ditinggalkan medapatkan pahala dan jika dikerjakan mendapatkan dosa, seperti minum - minuman keras, berdusta, mendurhakai orang tua, dsb.
4. Makruh, yaitu sesuatu yang apabila dilakukan tidak berdosa, dan apabila di tinggalkan mendapat pahala, seperti makan petai dan bawah mentah, dsb.
5. Mubah, yaitu suatu perkara yang apabila dilakukan tidak mendapat pahala dan tidak berdosa, dan jika di tinggalkan juga tidak berdosaa dan tidak mendapat pahala, intinya boleh dilakukan atau boleh di tinggalkan.
Sumber : Moh Rifai, Drs. Tuntunan Shalat Lengkap 

Jasa Bikin Toko Online Murah
Kesan Anda :

0 komentar:

Post a Comment

Free Tutorial by Email

Categories

Tutorial (11) web (9) website (9) adobe (3) web pribadi (3) Embed (2) Photoshop (2) membuat Logo (2) pscs6 (2) budidaya (1) ilustrator (1) sejarah (1)

KUNJUNGAN

JASA WEBSITE, ADWORDS, & SEO

Popular Posts

Blog Archive