follo-us-aku

Cara Import Database MySQL ke phpMyAdmin Online


hosting indonesia

Pendahuluan

Menurut Wikipedia, database merupakan kumpulan informasi dalam website yang tersusun sistematis dan dapat diolah. Terdapat berbagai jenis database salah satunya yang paling terkenal yaitu MySQL. Biasanya para developer dalam mengembangkan websitenya menggunakan bantuan localhost terlebih dahulu. Hal ini digunakan untuk mempermudah proses develop website. Tetapi, pada akhirnya website dibuat untuk bisa di akses oleh lebih dari satu orang atau secara publish ataupun untuk group apabila itu sebuah website sistem. Untuk itu, anda perlu Hosting murah berkualitas untuk menyimpan website yang telah selesai dibuat. Nah dari localhost ke Hosting pastilah memerlukan proses migrasi salah satunya migrasi database. Anda dapat melakukan eksport database dari localhost kemudian melakukan import database ke Hosting melalui phpMyAdmin. Nah, cara import database MySQL ke phpMyAdmin ada di panduan ini.

Langkah Cara Import Database MySql

Langkah pertama adalah lakukan exporting database Anda yang ada di xampp ataupun aplikasi server lokal lainnya, jadi sebelum anda melakukan import database, maka pastikan anda memiliki file berekstensi .sql. File ini merupakan hasil dump / hasil eksport dari database tersebut. Misalnya anda ingin memindahkan database dari localhost ke Hosting. Maka anda dapat melakukan eksport database dahulu (di localhost) baru melakukan import database (di Hosting). Adapun cara eksport database MySQL silahkan baca panduannya di Cara Eksport Database MySQL di phpMyAdmin.

Setelah Eksport Database MySQL di phpMyAdmin

Setelah memiliki file .sql maka sekarang anda dapat melakukan import database. Adapun cara import database MySQL di phpMyAdmin secara online yaitu,

1. Login cPanel Hosting
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari pihak penyedia layanan hosting mengenai Informasi Account Hosting.

Untuk Anda yang belum punya hosting saya merekomendasikan beli hosting murah disini - Silahkan Klik Gambar Promo Hosting di bawah ini, yang akan mengarah ke situs resminya.

hosting indonesia

2. Memilih phpMyAdmin
Jika login berhasil, maka anda akan diarahkan ke dashboard cPanel Hosting. Pada form pencarian, silahkan ketik “phpmyadmin”. Setelah muncul, silahkan klik phpMyAdmin.


cara importing database mysql ke phpmyadmin online hosting

3. Siapkan File SQL
Langkah ketiga yaitu siapkan file berekstensi .sql yang sudah Anda export tadi.

4. Memilih Menu Import di phpMyAdmin
Setelah itu masuk ke dashboard phpMyAdmin. Silahkan pilih database mana yang ingin dimasuki file .sql. Intinya database ini nanti akan menyimpan database yang telah di eksport tadi (file .sql). Untuk membuat database baru, silahkan baca Cara Membuat Database MySQL di Hosting. Setelah memilih database, silahkan klik Menu Import. Lalu klik Choose File untuk memilih file .sql. Kemudian scroll ke bawah dan klik Go.

Cara Import Database MySQL ke phpMyAdmin Online part2


5. Sambil Ngopi 
Tunggu sebentar sambil nikmati kopi Anda, biarkan proses berjalan sampai importing databasenya selesai dan berhasil. :). 

Penutup

Import database MySQL di phpMyAdmin dilakukan ketika anda ingin memindahkan database dari localhost ke Hosting. Proses import database juga harus diperhatikan. Hal tersebut untuk menghindari adanya error dalam website. Untuk mengetahui cara upload file website, silahkan baca Panduan Upload File Website di Hosting.

Teruslah membaca karena itu modal Anda untuk meningkatkan pengalaman dan skil Anda sendiri. Jangan puas oleh kehidupan yang sekarang, Mimpi yang besar sangat penting bagi perubahan hidup Anda. Terimakasih sudah mampir, salam dari kami Nangkalanda.blogspot.com dan jasa website murah semarang:)


Kesan Anda :

1 comment:

Free Tutorial by Email

Categories

Tutorial (11) web (9) website (9) adobe (3) web pribadi (3) Embed (2) Photoshop (2) membuat Logo (2) pscs6 (2) budidaya (1) ilustrator (1) sejarah (1)

KUNJUNGAN

JASA WEBSITE, ADWORDS, & SEO

Popular Posts

Blog Archive